Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Development of Interactive Learning Based Discovery Learning to Improve Mathematic Representation and Self-Efficacy Abilities of MAN 1 Medan Students

Maulida Hafni (UNIMED)
Edi Syahputra (Universitas Negeri Medan)
Nerli Khairani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan self-efficacy siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 MAN 1 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning meningkat, ditinjau ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) kemampuan self efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan model pembelajaran discovery learning meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...