Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pengembangan Buku Panduan Geogebra untuk Guru SMP Pada Materi Bangun Ruang di Masa Pandemi COVID-19

Dita Bachtiar (Universitas Jember)
Erfan Yudianto (Universitas Jember)
Titik Sugiarti (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
17 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan buku panduan guru menggunaan software GeoGebra pada materi bangun ruang di masa pandemi Covid-19; (2) Mengetahui hasil pengembangan buku panduan guru menggunakan software GeoGebra pada materi bangun ruang di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang dipilih adalah 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 guru matematika SMP Negeri 1 Prajekan. Metode pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, lembar angket, pedoman wawancara, dan lembar observasi aktivitas guru. Metode analisis data dilakukan melalui uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil pengembangan buku panduan guru pada penelitian ini yaitu uji kevalidan menunjukkan bahwa produk telah valid dengan kategori sangat tinggi, uji kepraktisan produk juga menunjukkan bahwa produk dapat dikatakan praktis dengan kategori baik, dan uji keefektifan produk menunjukkan kategori baik sehingga produk juga telah efektif. Kesimpulannya produk buku panduan software geogebra pada materi bangun ruang dapat digunakan oleh guru untuk bisa membantu dan mendukung kegiatan mengajar disekolah terutama dimasa pandemi Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...