Journal of Education Action Research
Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020

Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Tirtawati, Ni Luh Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi dikelas XI di masa isolasi mandiri Covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 36 Orang dengan rincian 19 Orang peserta didik Perempuan dan 17 Orang peserta didik Laki-laki. Objek penelitian berupa hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, semua sintak model pembelajaran PjBL Berbasis Mind Mapping dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp dan proses evaluasi pembelajaran Biologi dengan menggunakan aplikasi quizizz. Hasil yang diperoleh untuk hasil belajar biologi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dari rata-rata Accuracy 67.94% menjadi 85.93% dengan persentase tuntasan 38.89% menjadi 88.89%. Kesimpulan Penerapan Projek Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi di Kelas di masa isolasi mandiri Covid-19.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...