Rendahnya nilai keterampilan siswa serta sulitnya siswa dalam melakukan praktik, hal tersebut disebabkan karena kurangnya optimalnya model pembelajaran inovatif serta keterbatasan media yang dimiliki sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match mengembangkan hasil belajar siswa Kelas V. Penelitian ini adalah eksperimen tipe Pre- Eksperimental. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre – Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampelnya penelitian berjumlah 21 siswa dengan menggunakan non probability sampling atau sampling jenuh.  Data hasil penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dari perhitungan uji-t hasil thitung sebesar 6,827 dengan distribusi uji t diperoleh db = n1+n2– 1 = 21+21 – 1 = 41 dengan taraf signifikan 5% di dapatkan ttabel sebesar 2,020 sehingga thitung > ttabel atau 6,827 > 2,020 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan metode index card match. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode Index Card Match secara signifikan efektif untuk meningkatkan Hasil Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020