Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 2 (2021): Agustus 2021

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MUATAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SD NO 3 BUDUK

Ayu Cahyani, Luh Putu Erliana (Unknown)
Negara, I Gusti Agung Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Pembelajaran IPA bukan hanya sekedar fakta atau konsep pengetahuan yang di pahami oleh siswa, tetapi suatu proses yang dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan. Sehingga diperlukan media sebagai alat dalam membantu pemahaman materi pada pembelajaran IPA serta meningkatkan motivasi dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan validasi media pembelajaran video animasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE . Pada model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi).  Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu obsrevasi, wawancara, dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 23 orang di SD No.3 Buduk.  Pengembangan video animasi ini dilakukan uji validitas berdasarkan penilaian ahli isi materi pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 81,81% dengan kualifikasi “baik”, ahli desain pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 95,00% dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli media pembelajaran yang memperoleh hasil review yaitu 93,75% dengan kualifikasi “sangat baik” , uji coba produk pada perorangan memperoleh rata-rata persentase yaitu 88,00% dengan kualifikasi “baik. Dengan demikian, video animasi berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dalam kegiatan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...