Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis
Vol 4 No 1 (2021)

Analisis Pengaruh Religiusitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Kerja: Studi Kasus pada Karyawan Industri Manufaktur

Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan)
Ipang Sasono (STMIK Insan Pembangunan)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan kerja pada karyawan industri manufaktur, dengan mengambil sampel sebanyak 105 orang karyawan dari salah satu perusahaan industry manufaktur di Jawa Barat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), Smart PLS v.3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan dan memelihara kepuasan kerja karyawan pada industry manufaktur melalui peningkatan religiusitas dan kualitas pelayanan karyawan. Serta membangun kesiapan karyawan untuk menghadapi dunia industry yang makin sadar spiritual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMSAB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The focus of JMSAB are to promote strategic management and stimulate discussions, deliberations and debates on different management science strategies, principles, models, methodologies, techniques, applications in the field of business, commerce, industry, and ...