Pendidikan Islam dapat lebih berkembang salah satunya melalui implementasi pemanfaatan budaya lokal yang sudah menjadi pranata budaya masyarakat setempat salah satunya tradisi betawar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis tentang Tradisi Betawar pada Masyarakat Melayu Sambas, (2) mendiskripsikan dan menganalisis tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Betawar Masyarakat Melayu Sambas . Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Setting penelitian dipusatkan di dusun Kolam desa Semelagi Besar kec. Selakau kab.Sambas dengan 3 narasumber utama (primer) 5 sumber pendukung (sekunder) sebagai data dan sumber data. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan sesuai dengan jenis penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis sebelum disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tradisi Betawar pada Masyarakat Melayu Sambas masih ada dengan menggunakan proses tertentu yang sangat melekat dengan adat kebiasaan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. (2) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Betawar Masyarakat Melayu Sambas tergambar dari keteladanan petawar, bacaan tawar sebagai sumber keilmuan, media tawar sebagai symbol cinta lingkungan, pantangan sebagai bentuk ketaatan dan jasa betawar berupa pekaras atau tampas sebagai lambang tolong-menolong.Implikasi hasil temuan penelitian ini menghidupkan kembali tradisi betawar sebagai budaya lokal yang memiliki nilai-nilai terutama pendidikan Islam yang memberikan pengaruh terhadap sikap dan perilaku keagamaan Masyarakat Melayu Sambas, dimasukkan dalam pendataan daerah terutama desa, diberikan bimbingan, arahan dan penyuluhan dari badan atau lembaga yang kompeten untuk meningkatkan kualitas, serta insentif yang memadai sebagai reward kerja sosial kepada petawar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021