Kemampuan imajinasi matematis dibutuhkan untuk memahami segala sesuatu mengenai fakta, konsep, prinsip, dan prosedur di dalam pembelajaran matematika. Sehingga, kemampuan imajinasi metematis siswa dalam pembelajaran matematika perlu dikembangkan. Adapun siswa yang dikaji dalam artikel ini dibatasi yakni siswa SMP kelas 8. Mengembangkan kemampuan imajinasi matematis siswa SMP dimulai dengan membuat perencanaan pembelajaran yang tepat. Pembuatan RPP harus disesuaikan dengan kurikulum yang sedang digunakan. Saat ini, Indonesia menggunakan kurikulum 2013. Dilihat dari tujuan kurikulum 2013 yaitu kreatif dan inovatif, kurikulum 2013 memberikan ruang dan prioritas bagi siswa SMP dalam mengembangkan kemampuan imajinasi matematis. Bagian-bagian RPP yang dapat dimunculkan imajinasi matematika adalah tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan langkah-langkah pembelajaran
Copyrights © 2020