Journal EVALUASI
Vol 4, No 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret

HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS: APA MEMBANGUN INOVASI GURU SEKOLAH ISLAM?

Masduki Asbari (Universitas Pelita Harapan)
Choi Chi Hyun (Universitas Pelita Harapan)
Laksmi Mayesti Wijayanti (Universitas Pelita Harapan)
WINANTI WINANTI (STMIK Insan Pembangunan)
Miyv Fayzhall (STIE Insan Pembangunan)
Firdaus Putra (STIE Insan Pembangunan)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh hard skills dan soft skills terhadap kemampuan inovasi guru sekolah Islam di Jakarta dan Tangerang yang dimediasi oleh organizational culture. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan sampel acak sederhana melalui elektronik ke populasi guru di Jakarta dan Tangerang. Hasil kuesioner yang dikembalikan dan valid adalah 667 sampel. Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hard skills dan soft skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi organizational culture. Penelitian baru ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kemampuan inovasi guru sekolah Islam di antara para guru di Jakarta dan Tangerang melalui peningkatan hard skills dan soft skills dengan organizational culture sebagai mediator. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

evaluasi

Publisher

Subject

Education

Description

EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. ...