Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP)
Vol 1 No 3 (2020): September 2020

Upaya Guru dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa

Lisa Yusriani (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Junaidin Junaidin (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Asrul Asrul (Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya Guru Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sawa Kabupaten Konawe Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, 4 orang Guru, dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data  dengan  menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Sawa Kabupaten Konawe Utara dapat disimpulkan bahwa guru selalu berupaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa seperti: 1) memberi perhatian dan bimbingan langsung kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, 2) memberikan buku-buku pelajaran agar anak  lebih  aktif  belajar,  baik  belajar  di  sekolah  maupun  di  rumah,  3) bekerjasama dengan orang tua siswa, 4) mengulangi  beberapa  mata  pelajaran yang telah dipelajari yang dianggap sulit oleh siswa, 5) mengadakan belajar tambahan  baik  dilakukan  di  sekolah  maupun  di  rumah  pada  mata  pelajaran tertentu agar anak lebih paham dan mengerti terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) merupakan jurnal publikasi berbasis online dan printed yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kendari. Artikel yang diterima di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian dan review artikel maupun buku. Jurnal ...