Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar?, 3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara MakassarJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengesksplorasi data yang dilapangan dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara tepat dan jelas tentang penerapan metode mimicry memorizationHasil Penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penerapan Metode mimicry berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pelaksanaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode mimicry adalah yang pertama kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut sebagai penunjang dan pendukung kegiatan pembelajaran . Faktor yang kedua adalah Minat siswa karena pada dasarnya minat dan ketertarikan seseorang terhadap suatu dianggap menyenangkan bagi individu tersebut. Faktor ketiga adalah perhatian siswa ialah suatu keaktifan jiwa peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan faktor terakhir adalah aktifitas siswa ialah segala kegiatan siswa pada saat pembelajaran mufradat bahasa Arab. 3) Upaya-upaya yang lakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan Metode mimicry memorization Memilih metode yang sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa dan ruangan kelas harus efektif karena sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Mimicry-Memorization, Mufradat
Copyrights © 2019