Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 1, No 2 (2019)

DAMPAK PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN HOME INSUDTRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PERAJIN

Hilmi, Muhammad Irfan (Unknown)
Kamil, Mustofa (Unknown)
Ardiwinata, Jajat Sudrajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap penyelenggaraan program kursus keterampilan kerajinan patung tanimar di Desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penyelenggaraan program kursus keterampilan ditinjau dari hasil penyelenggara serta dampak penyelenggaraan program tersebut terhadap kreativitas warga belajar (perajin). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data berjumlah tiga orang subjek primer yaitu tiga orang warga belajar lulusan program. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil pembelajaran yang dicapai, yaitu 10 orang warga belajar mengalami peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan ke arah yang progresif tentang finishing kerajinan patung tanimar. (2) Dampak pembelajaran atau pengaruh adalah manfaat yang  diperoleh lulusan warga belajar berupa peningkatan hasil karya yang dibuat, peningkatan pendapat, tercipta kondisi saling membelajarkan di dalam kelompok, pemasaran barang secara mandiri. Saran, upaya tindak lanjut dari penyelenggaraan program kursus keterampilan berfungsi untuk memfasilitasi, memotivasi perlu dilaksanakan untuk memperoleh akses pelayanan lebih lanjut pasca penyelenggaraan seperti pemberian akses materi tentang kewirausahaan dan marketing serta akses permodalan sebagai pengembangan program dan untuk mencukupi kebutuhan hidup warga belajar. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...