Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 2, No 2 (2020)

ANALISIS LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI COVID-19

Banyu Biru, Rembulan Catra (Unknown)
Saepudin, Asep (Unknown)
Sardin, Sardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Dunia sedang mengalami krisis kesehatan karena adanya pandemi COVID-19. Akibat pandemi COVID-19, pemerintah membuat aturan bahwa pelajar harus mentransfer dari pengajaran tatap muka ke lingkungan belajar online. Pembelajaran online harus didukung dengan teknologi yang memadai. Diperlukan keterampilan dan kemampuan yang terkait dengan penggunaan alat-alat teknologi, serta pengetahuan mengenai norma-norma dan praktik-praktik penggunaan yang tepat, yang dikenal dengan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keterampilan literasi digital mahasiswa dalam melakukan pembelajaran mandiri di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan yaitu dengan menyebarkan survei dengan berbagai  latar belakang. Hasil temuan yang didapatkan bahwa keterampilan literasi digital mahasiswa dapat dikategorikan baik. Kesimpulannya bahwa untuk melakukan pembelajaran secara mandiri yang optimal dibutuhkan keterampilan menggunakan teknologi yang baik atau dikenal dengan istilah literasi digital.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...