PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 1 (2022): November - February

Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Makananku Kesehatanku

Salma Fajrina (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA))
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA))
Annisa Novianti Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA))



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Penilaian instrumen performance assessment praktikum merupakan bagian penting dalam proses penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kevalidan instrumen yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono melalui tahapan: (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data;  (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) dan revisi desain. Subjek uji coba dalam penelitian ini untuk uji ahli instrumen performance assessment ini adalah dua tim ahli dari dosen pendidikan IPA FKIP Untirta dan salah satu guru IPA di SMP Negeri 2 Solear. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kevalidan instrumen diperoleh nilai rata-rata sebesar 93,3 (kategori sangat valid). Berdasarkan hasil validasi ahli pengembangan instrumen performance assessment praktikum ini dapat digunakan sebagai alternatif penilaian praktikum untuk mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) pada tema makananku kesehatanku

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...