JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas V SD

Anisa Putri, Hanifa (Unknown)
S, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 10 Nan Balimo Kota Solok. Pada penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada RPP Siklus I dengan rata-rata 86,10% (Baik) dan siklus II 97,22% (Sangat Baik). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 85,71% (Baik) dan siklus II 96,42% (Sangat Baik). Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 87,49% (Baik), dan siklus II 96,42% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 74,75 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 86,75 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...