Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 3 (2017): Jurnal As-Salam

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE BUZZ GROUP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI DI MAN 1 TAKENGON

Rosliana Harahap (1STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1) apakah terdapat perbedaan rerata kelas kontrol dan kelas eksprimen terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan 2) apakah model pembelajaran buzz group efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang ada pada sekolah MAN 1 Takengon, sampel digunakan 24 pada masing-masing kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pembelajaran pada kelas eksprimen diperoleh tes awal (pretest) siswa = 29,41 dan simpangan baku (S)=8,19 sedangkan nilai postest diperoleh rata-rata = 37 dan simpangan baku (S)=12,09. Pengujian hipotesis diperoleh thitung ttabel yaitu 3,25> 2,069 sehingga dapat disimpulkan ha diterima dan menunjukan bahwa terdapat perbedaan kelas kontrol dan kelas eksprimen terhadap kemampuan penalaran matematis. Harga t kritik pada t(0,05)=1,675dan t(0,01) =2,395. thitung> t(0,05) maka 2,57>1,675 dan thitung> t(0,01) maka 2,57 >2,395. Aktifitas siswa baik diperoleh 78% (75% penilaian < 85%) Respon siswa menunjukan sangat baik dilihat dari penilain angket yang disebar kelas eksprimen. Jadi terjawablah rumusan masalah yang yang telah tersedia. Sehingga siswa dapat diperhatikan secara penuh, memberikan semangat kepada siswa agar menjadi lebih aktif dan berani dalam menyampaikan pendapat dan bertanya didepan kelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

merupakan jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Aceh, terbit secara paper-based pada tahun 2016 dan terbit secara online sejak tahun 2017. Jurnal As-Salam terbit 2 (dua) kali dalam setahun, periode pertama pada bulan Juni dan periode kedua ...