Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D)
Vol 4, No 1: May 2021

Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu pada Siswa Kelas Iv SD IT Al-Qiswah Bengkulu

Chindytia Chinditya Chinditya (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)
Agus Susanta Susanta (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)
Abdul Muktadir Muktadir (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi literasi pada pembelajaran membaca berbasis cerita rakyat Bengkulu pada tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran membaca di kelas IV SD IT AL-Qiswah Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriptif yang dilakukan di SD IT AL-Qiswah Bengkulu. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan untuk menganalisa implikasi gerakan literasi membaca melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi literasi membaca berbasis cerita rakyat Bengkulu pada tahap pembiasaan yakni menumbuhkan minat baca melalui 15 menit membaca buku non pelajaran cerita rakyat Bengkulu (2) implementasi literasi membaca berbasis cerita rakyat Bengkulu pada tahap pengembangan guru memberikan simulasi tentang isi dan memberikan pemahaman mengenai isi bacaan cerita rakyat Bengkulu (3) implementasi literasi membaca berbasis cerita rakyat Bengkulu pada tahap pembelajaran yakni terbiasanya penggunaan lingkungan akademik, fisik, sosial dan afektif untuk literasi membaca cerita rakyat Bengkulu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di ...