Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D)
Vol 3, No 1: May 2020

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN KONSEPTUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 KAUR

Ginan Bastari Bastari (Program Magister Universitas Bengkulu)
Irwan Koto Koto (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)
Agus Susanta Susanta (Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning type make a match terhadap penguasaan konseptual siswa kelas IV SD Negeri 6 Kaur. Jenispenelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 6 Kaur. Populasi  penelitian  ini  adalah  seluruh siswa kelas IV SD  Negeri  6  Kaur.  Sampel  yang dipilih adalah kelas  IVA yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IVB  yang  berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Pretest-Posttest sebanyak 20 soal obyektif dan 20 soal angket. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas ekperimen (40,83 ; SD=13,15) dan posttestkelas eksperimen (87,87 ; SD=9,59). Hasil persentase kenaikan nilai rata-rata hasil belajar aspek kognitif kelas kontrol 86,9% dan eksperimen 115,2%. Kenaikan persentase nilai pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, dapat dilihat dari perbedaan kenaikan  hasil  belajar  kognitif  sebesar  28,3%.Maka  diperoleh   hasil perhitungan Uji-t pada  aspek  kognitif yaitu  thitung  (6,074) >ttabel (1,697). Nilai thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Learning Type Make a Match Terhadap Penguasaan Konseptual Dan Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Kaur.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di ...