Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif
Vol. 2 No. 1 (2019)

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI MI MUHAMMADIYAH PASIR LOR KAB. BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Lily Setyaningsih, Lily Setyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Proses pembelajaran dapat diartikan sebagai sistem pembelajaran dimana hasil belajar berupa. Dalam hal ini selain penguasaan materi siswa juga diharapkan menguasai kinerja ataupun prakteknya di lapangan. Oleh karena itu pendekatan mengajar yang dilakukan guru sangat penting. Pendekatan mengajar mempunyai peranan membangkitkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran yang diberikan, juga terhadap proses dan hasil belajar siswa. Siswa akan mudah menerima materi yang diberikan guru apabila pendekatan mengajarnya tepat dan sesuai dengan tujuan pengajarannya. Selain pendekatan pengajaran, metode mengajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga untuk memperoleh hasil yang optimal guru harus memilih metode yang tepat untuk mengajarkan materi tertentu. Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 66,11% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 72,22% pada siklus II, dan siklus ke III 82,22%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan ketuntasan mencapai 100%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

DI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus And Scope Focus Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif adalah jurnal yang berisi artikel hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Scope Strategi Pembelajaran Desain dan Metode Pembelajaran ...