Proses pembelajaran dapat diartikan sebagai sistem pembelajaran dimana hasil belajar berupa. Dalam hal ini selain penguasaan materi siswa juga diharapkan menguasai kinerja ataupun prakteknya di lapangan. Oleh karena itu pendekatan mengajar yang dilakukan guru sangat penting. Pendekatan mengajar mempunyai peranan membangkitkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran yang diberikan, juga terhadap proses dan hasil belajar siswa. Siswa akan mudah menerima materi yang diberikan guru apabila pendekatan mengajarnya tepat dan sesuai dengan tujuan pengajarannya. Selain pendekatan pengajaran, metode mengajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga untuk memperoleh hasil yang optimal guru harus memilih metode yang tepat untuk mengajarkan materi tertentu. Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 66,11% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 72,22% pada siklus II, dan siklus ke III 82,22%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan ketuntasan mencapai 100%.
Copyrights © 2019