Bahan ajar fisika SMA  materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal. Selain itu, pada beberapa sekolah pembelajaran dilakukan melalu i presentasi informasi yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar fisika SMA materi pemanasan global terintegrasi nilai konservasi mengacu pada 3 dari 7 pilar Un iversitasNegeri Semarang (UNNES) konservasi, mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar, dan mengetahui perkembangan karakter rasa ingin tahu setelah siswa menggunakan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur penelitian memodifikasi tahap 4D Thiagarajan menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa. Kata kunci: bahan ajar, pemanasan global, integrasi nilaikonservasi. Â
Copyrights © 2017