Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Vol 5, No 2 (2013)

AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM IMPLEMENTASI LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI FISIKA MODERN DI SMA

Aisyah Azis (Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata, Telp. (0411) 840662 Makassar 90223)
Irfan Yusuf (Universitas Negeri Makassar Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata, Telp. (0411) 840662 Makassar 90223)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2013

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui aktivitas dan persepsi peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada materi Fisika Modern. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen, dan sampel populasi berupa peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani, Makassar, Sulawesi Selatan, sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada di atas 80% dari setiap kriteria yaitu memperhatikan demonstrasi, mencari konsep, melakukan perhitungan, latihan, mengkategorikan, menjelaskan konsep, mempresentasikan, dan mengkreasikan proses. Persentase persepsi peserta didik adalah 91,03%, yang menunjukkan bahwa peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor ...