Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
Vol 1, No 2 (2019): December 2019

Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum

Khairunnisa Khairunnisa (Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, Jln. A. Yani KM 4,5 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan)
Ita Ita (Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, Jln. A. Yani KM 4,5 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan)
Istiqamah Istiqamah (Program Studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, Jln. A. Yani KM 4,5 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Jumlah mahasiwa di program studi biologi berjumlah 35 orang yang terdiri dari 91,43% berasal dari lulusan kelas IPA, 8,57% dari lulusan kelas non IPA (keagamaan, adminstrasi, IPS). Keterampilan Proses Sains yang dimiliki mahasiswa tersebut belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Tadris Biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menghasilkan data yang akan dianalisis secara deskriptif dan diukur secara kategorikal. Data penelitian berupa nilai tes keterampilan proses sains yang diambil dari nilai hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Biologi Umum. Hasil penelitian menunjukkan KPS yang dimiliki mahasiswa cukup memuaskan yaitu pada aspek mengamati/ observasi sebesar 65,23% kategori “baik”, mengklasifikasi sebesar 69,28% kategori “baik”, menafsirkan data sebesar 64,20% kategori “baik”, meramalkan/memprediksi sebesar 60,43% kategori “cukup”, berhipotesis sebesar 41,50% kategori “cukup”, menganalisis sebesar 67,25% kategori “baik”, merencanakan percobaan/penelitian sebesar 41,50% pada kategori “cukup”, menggunakan alat/bahan sebesar 41,50% kategori “cukup”, menerapkan konsep sebesar 41,50% kategori “cukup”, dan berkomunikasi sebesar 41,50% kategori “cukup”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bino

Publisher

Subject

Education

Description

Bio-Inoved: The Journal of Biology-Educational Innovation [p-ISSN 2684-9062] publishes scientific articles on the results of biology education research and innovations (Focus and Scope). Articles are written by following the manuscript writing rules (Author Guidelines). This journal is published ...