MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN

Endi Zunaedy Pasaribu (Unknown)
Mesra Wati Ritonga (Unknown)
Ronal Watrianthos (Unknown)
Mairawati Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Abstrak:Pengembangan produk berupa Lembar Kerja Siswa matematika berbasis modeldiscovery learningterhadapkemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di SMAN 1 Rantau Selatan merupakan tujuan utama yang digunakan dalam penelitian ini.Penelitian pengembangan (R&D) dipilih sebagai jenis penelitian yang digunakan. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate.Produk ini divalidasi oleh validator ahliyang berkompeten dibidangnya.Produk diuji cobakan kepada siswa/i kelas XI Mia 1 di SMAN 1 Rantau Selatan.Langkah berikutnya ditinjau dari keefektifan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari pengembangan LKS tersebut.Instrumen yang dipakaiyaitulembar validasi, wawancara tidak terstruktur, angket respon siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis.Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, analisis keefektifan dan analisis data tes kemampuan pemahaman konsep matematis.Berdasarkan uji cobaoleh peneliti maka didapatkan hasil keefektifan pengembangan produk yaitu sebesar 3.45 yang artinya sudah efektif jika digunakan dalam proses belajar mengajar, sedangkan nilai angket respon siswa sebesar 3.45 dari skala tertinggi adalah 4. Dan peningkatan pemahaman konsep matematis berada pada kriteria sedang yaitu 0,63. Berdasarkan data tersebut, produk yang dikembangkan sudah efektif dan meningkat. Kata-kata kunci:Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...