MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Gina Nursyamsiah (Unknown)
Silvia Savitri (Unknown)
Devi Nurul Yuspriyati (Unknown)
Luvy Sylviana Zanthy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika  siswa MTs kelas VIII dalam materi bangun ruang sisi datar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes uraian yang berjumlah 5 soal dengan tingkat kesulitan berbeda. Dari data hasil tes analisis akhir diperoleh presentase kesulitan peserta didik dalam fakta sebesar 68,97% siswa kesulitan dalam  membandingkan jaring-jaring bangun ruang sisi datar , sebanyak  41,48% siswa masih kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi datar dan mengaitkannya kedalam materi lain ,sebanyak  89,66% siswa kesulitan dalam menerapkan sifar-sifat bangun ruang sisi datar, sebanyak  100% siswa kesulitan dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk gambar , dan sebanyak  82,76% siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kecukupan syarat suatu soal.Kata-kata kunci:Kesulitan, Belajar, Matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...