JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 1 No 1 (2019): Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar)

IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI TAYAWI KECAMATAN OBA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Rachmatia Tauhid (Unknown)
Iswan E Tawari (STKIP Kie Raha Ternate)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui media audio visual hasil belajar siswa materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan akan meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SDN Tayawi Kecamatan Oba. dengan jumlah 22 orang diantaranya laki-laki 7 orang dan perempuan 15 yang pada observasi awal diperoleh data hasil belajar siswa sangat rendah dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 8 orang siswa atau 36% yang tuntas, sedangkan 13 orang atau 59 % tidak tuntas Dari hasil pengamatan tes evaluasi pembelajaran siklus I, dari 22 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 12 siswa yang tidak tuntas atau 55 %. Sedangkan yang tuntas berjumlah 10 orang siswa atau 45 %, sehingga daya serap siswa mencapai 79 %. Pada Siklus meningkat dari 22 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 3 siswa yang tidak tuntas atau 14 %. Sedangkan yang tuntas berjumlah 19 orang siswa atau 86 %, sehingga daya serap siswa mencapai 88 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...