JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SASA KOTA TERNATE

M Iksan B. Aly (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi panas dengan menggunakan metode eksperimen (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada konsep energi panas dengan menggunakan metode Eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan sumbangan nyata bagi peningkatan profisionalisme guru, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang prilaku guru mengajar dan siswa belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Sasa Kota Ternate yang berjumlah 26 orang. Untuk menggumpulkan data penelitian menggunakan tes hasil belajar IPA dan lembar observasi. Bentuk tes soal yang digunakan yaitu dalam bentuk Essay yang berjumlah 10 item. Untuk hasil belajar siswa terdapat ketuntasan belajar sebesar 88,80% dari 26 siswa yaitu 12 siswa kategori memuaskan (46,15%), 6 siswa kategori baik (23,07%), 8 siswa kategori cukup (30,76%). Dengan demikin, hasil belajar siswa sudah memenuhi indikator yang sudah ditetapkan yaitu sekurang-kurangnya 75% dari keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut mencapai ketuntasan belajar 67% atau nilai 67

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...