Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari-April 2021

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Abd Kadir Jaelani (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one gruop pretest-postest design yang dilaksanakan selama lima kali pertemuan dengan pertemuan ke-1 pre-test, pertemuan ke-2, 3 dan 4 berupa penerapan perlakuan TPS, pertemuan ke-5 post-test, namun sebelumnya dilakukan observasi awal selama 2 kali pertemuan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas IXA yang berjumlah 26 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil pre-test siswa dari 26 orang mencapai 66,46, banyak siswa yang tuntas 11 orang dengan persentase 42,31%. Sedangkan setelah perlakuan dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kemudian diberi post-test rata-rata hasil belajar siswa dari 26 orang mencapai 78,96, banyak siswa yang tuntas 21 orang dengan persentase ketuntasan klasikal 80,77%. Untuk hasil observasi pada aktivitas siswa, 80% siswa aktif dalam proses pembelajaran dan aktivitas guru mencapai kategori baik dengan rata-rata mencapai 3,44, dengan demikian menghasilkan respon siswa yang positif setelah proses pembelajaran mencapai 88,31%. Sedangkan pada uji hipotesis dengan One Sample T Test diperoleh hasil pvalue 0,000 < α. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dapat dikatakan efektif dan hasil belajar matematika siswa lebih baik setelah penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Data Kabupaten Pinrang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...