Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Abas Hidayat (Unknown)
Fani Juliyanto Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif besifat asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Jumlah sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan rumus Solvin dengan taraf signifikan 5% yaitu sebanyak 278 responden yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Data primer yang dikumpulkan langsung dari hasil pengisian angket skala Likert terhadap 278 responden. Data sekunder berupa daftar Indeks Prestasi Sementara (IPS) yang diperoleh dari bagian adminitrasi akademik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Hasil analisis uji hipotesis statistik secara parsial yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial self-efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa, terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji hipotesis statistik secara simultan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan self-efficacy dan self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci: Self-Efficacy, Self-Esteem, Prestasi Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...