Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Evaluasi Formasi dan Perhitungan Volume Hidrokarbon Pada Formasi Talang Akar, Lapangan S, Cekungan Sumatera Selatan

Utomo, Warto (Unknown)
Rahman, Arief (Unknown)
Adiwilaga, Mochamad Hisam (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2019

Abstract

Penelitian telah dilakukan di Lapangan S, Cekungan Sumatera Selatan dengantarget evaluasi di Formasi Talang Akar. Formasi Talang Akar merupakanreservoar utama di Cekungan Sumatera Selatan. Evaluasi formasi diperlukanuntuk mengetahui kualitas, kuantitas dan potensi reservoar di Formasi TalangAkar. Evaluasi dilakukan melalui analisis petrofisika untuk mendapatkanparameter-parameter, yaitu volume shale, porositas dan saturasi air. Tujuan daripenelitian ini untuk mendapatkan parameter-parameter petrofisika berdasarkandata wireline logging dari sumur di daerah penelitian. Parameter-parametertersebut digunakan untuk identifikasi zona produktif/potensial di Formasi TalangAkar, pada Lapangan S dengan menghitung volume hidrokarbon. Perangkat lunakyang digunakan adalah Interactive Petrophsycs v3. 6 (IP v3.6). Hasil penelitian iniadalah, Formasi Talang Akar di daerah penelitian terdapat 12 zona/lapisanreservoar, berturut-turut dari bawah ke atas sebagai berikut I2, I1, H, G, F, E, D,C, B1, B, A1, A. Evaluasi formasi di daerah penelitian menghasilkan parameterparameter petrofisika pada masing-masing zona di Formasi Talang Akar.Parameter tersebut digunakan untuk menghitung volume hidrokarbon (STOIIP)masing-masing zona. Nilai STOIIP terbesar dari zona B1, yang merupakan zonayang paling produktif/potensial di Formasi Talang Akar, kedua terbaik zona I1dilanjutkan dengan I2.Kata kunci: Evaluasi Formasi, Porositas, Saturasi Air, Volume Hidrokarbon

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...