Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 1 (2019): Juni

Peningkatan Pendapatan Dan Daya Saing Produk Pada Usaha Mikro Melalui Strategi Packing, Branding Dan Online Marketing

Dhika Amalia Kurniawan (Universitas Darussalam Gontor)
Hayatul Maemunah (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Persaingan menuntut pelaku bisnis untuk menunjukkan keunggulannya melalui berbagai cara. Hal ini dilakukan agar bisnis dapat bertahan di pasar yang sangat kompetitif. Banyak industri dan pabrik dengan skala besar menguasai pasar dengan kecanggihannya menggunakan teknologi yang digunakannya dalam memproduksi produknya dan disisi lain banyak pula pelaku usaha skala mikro yang masih tetap bertahan dengan kekuatan seadannya dan masih dengan cara yang tradisional baik dalam proses produksinya maupun pemasarannya, sehingga produk usaha skala mikro belum mampu bersaing dengan produk usaha skala besar. Permasalahan yang dialami oleh salah satu usaha skala mikro saat ini di Kabupaten Ponorogo adalah masih sangat sederhana dalam hal pengemasan dan pembuatan label merek (branding), yaitu menggunakan potongan kertas biasa (foto copyan) dan belum menggunakan media online untuk memasarkan produknya, dalam hal ini khususnya pada mitra pengabdian masyarakat yaitu usaha Peyek Mbak Anna yang berada di desa Gandu kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membantu mengembangkan produk usaha sektor mikro agar mampu bersaing secara bertahap dengan produk pesaing yang ada sehingga dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CENDEKIA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Kadiri. Jurnal ini mempunyai komitmen untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan penerapan atau ...