JURNAL CERDAS PROKLAMATOR
Vol 8 No 2 (2020): JURNAL CERDAS PROKLAMATOR

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA

Enjoni Enjoni (Universitas Bung Hatta)
Febriyanto Febriyanto (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, mengetahui hasil belajar siswa dan melakukan pengembangan keterampilan guru melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan Keterampilan proses sains yang dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 16 Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus diawali dengan perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 jenis yaitu pedoman observasi guru, angket respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains pada siklus I dan II mengalami peningkatan, di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 73 dan pada siklus II rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 09 Kota Padang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. Basic Education Curriculum Development. 2. Learning Mathematics, Science, Social Sciences, Citizenship, English Language, Indonesian Language, Islamic Education, Arts and local content in Basic Education. 3. Media and Instructional Technology in Basic Education. 4. Innovative and creative ...