Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 3 (2019)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EBOOK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SMK

RAHMAWATI, SEPTI (Unknown)
, SUSANTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-book pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga berbasis kontekstual untuk SMK. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-book, menganlisis kelayakan bahan ajar e-book, dan menganalisis respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book. Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu pedefinisian, perancangan, dan pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMKN 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata rata kelayakan yang diperoleh dari para ahli sebesar 84,6% dengan kriteria sangat layak. Komponen kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 86,4% dengan kriteria sangat layak, komponen kelayakan bahasa sebesar 83,8% dengan kriteria sangat layak, dan komponen kelayakan grafis memperoleh hasil sebesar 84,3% dengan kriteria sangat layak. Uji coba produk juga menunjukkan bahan ajar e-book yang dikembangkan mendapat respon baik dari para peserta didik dengan perolehan hasil respon peserta didik sebesar 96,1% dengan kriteria sangat dipahami. Kata Kunci: Bahan Ajar E-book, Kontekstual, Praktikum Akuntansi Lembaga

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...