Abstrak Pada tahapan yang dikembangkan ini memiliki tujuan guna memperoleh sebuah LKPD tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga untuk kelas X1 SMK yang diharpkan dapat mempermudah pendidik maupun peserta didik pada kegiatan belajar, dikarenakan mengalami kesulitan dan kekurangan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan saat ini. Diharapkan tujuan lain pada pengembangan ini yaitu guna melihat kelayakan isi dan angket respon pada LKPD yang dikembangkan oleh peneliti. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Peneliti hanya menggunakan model pengembangan hingga tahap Develop saja sehingga pada tahap Disseminate tidak dilakukan. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitihan menujukan kelayakan materi sebesar 86%, kelayakan bahasa sebesar 88%, dan kelayakan grafis sebesar 89% dengan rata kelayakan keseluruhan sebesar 87,7% dapat dikatakan “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik diperoleh 90% dapat dikatakan “Sangat Baik”. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa, pengembangan LKPD praktikum akuntansi lembaga berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sanga layak digunakan dalam kegiatan belajar guna meningkatkan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Praktikum Akuntansi Lembaga Abstract This development research aims of produce worksheet based on a higher order thinking skills on the subjects of institutions accounting practices for class XI SMK which can help teachers and students in the learning process due to difficulties and lack of teaching materials in accordance with the curriculum use during the learning process. The other purpose is to find out the feasibility and response of students in the worksheet developed. The development model used is the 4D development model including Define, Design, Develop, and Disseminate. Researchers only use the development model up to the Develop stage while the Disseminate stage is not used. The research method used is qualitative and quantitative. The research results showed material feasibility of 86%, language feasibility of 88%, and graphic feasibility of 89% with an overall feasibility of 87,7% can be said to be "Very Feasible". While the responses of students obtained 91% can be said to be "Very Good". It can be said that, the development the worksheet of institutions accounting practices based on higher order thinking skills is very feasible to use for teaching materials in improving material understanding such as students for class XI SMK. Keywords: Worksheet, Higher Order Thinking Skills, Institutions Accounting Practices
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019