Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 3 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

RIDA ANNISA RAMADHANI (Unknown)
EKO WAHJUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan peneliti dengan guru pengampu administrasi pajak diperoleh hasil belajar pajak masih tergolong rendah. Hal ini terbukti melalui dokumentasi nilai yang menunjukkan bahwa terdapat 37% atau lebih dari 12 orang peserta didik memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 75. Masalah ini muncul karena guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), yakni pada tahap pembagian kelompok secara heterogen serta pemberian kuis individual. Dengan tidak optimalnya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Maka peneliti ingin melakukan penelitian kembali dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sesuai sintaknya. Hasil penelitian terbukti melalui hasil observasi pelaksanaan pembelajaran materi PPh Pasal 21 mendapatkan prosentase sebesar 77% di siklus I dan 90% di siklus II, hasil belajar siswa mendapat presentase sebesar 71% di siklus I dan meningkat sebesar 86% di siklus II serta respon siswa mendapat respon baik di siklus I sebesar 73,43% dan siklus II sebesar 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran administrasi pajak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...