Biolearning Journal
Vol 7 No 1 (2020): Biolearning Journal (Februari 2020)

PENGEMBANGAN GAME PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SELAYAR

Hardiyanti Hardiyanti (Universitas Negeri Makassar)
Muh Khalifah Mustami (Unknown)
Andi Mu'nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan game puzzle berbasis construct 2 sebagai media pembelajaran sistem peredaran darah yang valid dan praktis serta efektif yang dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate). Jenis data yang dikumpulkan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu data penilaian dan masukan ahli materi dan ahli media mengenai proses pengembangan media pembelajaran, data tanggapan guru dan peserta didik terhadap game puzzle berbasis construct 2, data tentang keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, data tentang minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengembangan game puzzle berbasis construct 2 memiliki karakteristik dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 berada dalam kategori cukup dengan persentase 58,82% dan setelah diterapkan game puzzle berbasis construct 2 minat belajar belajar peserta didik meningkat menjadi 61,76% kategori baik. Motivasi belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 berada pada kategori cukup dengan persentase 61,76% dan setelah diterapkan game puzzle berbasis construct 2 motivasi belajar peserta didik meningkatkan menjadi 100% yang berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan game puzzle berbasis construct 2 yaitu terdapat 85% peserta didik yang mencapai KKM 75 dan setelah menerapkan game puzzle berbasis construtc 2 terdapat 88% peserta didik yang mencapai KKM 75. Game puzzle berbasis construct 2 layak digunakan dalam proses pembelajaran karena tergolong dalam kategori valid baik dari penilaian media dan materi. Game puzzle berbasis construct 2 praktis digunakan dalam proses pembelajaran terbukti dengan diberikannya respon positif dari guru dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan sumber belajar berupa game puzzle berbasis construct 2 sebagai media pembelajaran sistem peredaran darah di SMA Negeri 1 Selayar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...