Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Pengembangan Petunjuk Praktikum Bioteknologi Berbasis Guided Inquiry untuk Peserta Didik SMA di Kabupaten Sumbawa Barat

Sahratullah Sahratullah (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cordova)
Fitri Rahmawati (Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Cordova)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk peserta didik SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang dibatasi sampai tahapan 3D (Develop) yaitu proses validasi ahli (konstruk dan isi) oleh dua validator dan uji keterbacaan oleh peserta didik agar hasil pengembangan dapat diterapkan lebih lanjut dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli dari dua validator adalah “sangat valid” dengan nilai rerata skor 3,35 dan persentase sebesar 88,75% dan kriteria “sangat baik”. Serta hasil yang menunjukkan nilai persentase sebesar 80,47% dan kriteria “mudah” untuk uji keterbacaan oleh 24 sampel peserta didik kelas XII IPA 1 SMAN 1 Jereweh. Sehingga petunjuk praktikum bioteknologi berbasis guided inquiry dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran untuk peserta didik SMA di Kabupaten Sumbawa Barat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...