JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 4, No 2 (2020): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

Faktor Motivasi Eksternal Yang Menentukan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh

Anfas, Anfas (Unknown)
Sudarwo, Raden (Unknown)
Arfa, Umikalsum (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi eksternal yang berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa, yakni peran orang tua, peran tutor dan peran teman sekelas dalam memberikan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan CSR di UPBJJ-UT Ternate sebanyak 44 mahasiswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa : 1) Peran orang tua sebagai faktor motivasi ekternal, tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan CSR di UPBJJ-UT Ternate; 2) Peran tutor sebagai faktor motivasi ekternal, berpengaruh positif danĀ  signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan CSR di UPBJJ-UT Ternate; 3) Peran teman sekelas sebagai faktor motivasi ekternal, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan CSR di UPBJJ-UT Ternate.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...