Penggunaan bahan ajar digital merupakan bagian dari transformasi yang mesti dilakukan oleh pendidik pada era teknologi ke empat yang menjadi penanda kemajuan pendidikan yang menyesuaikan dengan keadaan zaman. Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu satuan pendidikan paling awal dengan karakteristik anak yang ingin serba tahu, dan memerlukan banyak media untuk belajar. Untuk karena itu perlu dikenalkan proses pembelajaran menggunakan teknologi digital, selain untuk merangsang perkembangan anak juga bertujuan untuk mengenalkan dengan bijak penggunaan teknologi sejak dini. Dengan demikian guru mesti mempersiapkan bahan ajar digital yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Animasi menjadi salah satu bahan ajar yang digunakan dalam bentuk digital, penggunaan yang cukup mudah serta bisa menampilkan banyak warna atau gambar. Penggunaan bahan ajar dengan aplikasi seperti animasi dan media yang lainnya dapat membuat pembelajaran lebih beragam dan menarik perhatian. Penelitian ini mengupas secara deskriptif kualitatif tentang penggunaan bahan ajar digital berupa animasi di pendidikan anak usia dini, dengan melibatkan 10 Guru PAUD yang telah menjadi tempat uji coba pengembangan aplikasi Animaker. Kemudian didalami dengan proses wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian tersebut didapatkan penggunaan animasi sebagai bahan ajar menjadi sesuatu yang baru dan dapat mempermudah pengenalan objek-objek yang tidak bisa dikenalkan secara langsung.
Copyrights © 2020