Psikoislamedia : Jurnal Psikologi
Vol 5, No 1 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI

Determinasi Diri Sebagai Prediktor School Wellbeing pada Siswa SMP

Fauzi Rahman (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Hafizh Zain Abdillah (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan)
Nurul Hidayah (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

School well-being penting bagi siswa untuk proses pembelajaran dan perkembangan pribadi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris bagaimana determinasi diri memprediksi school well-being pada siswa SMP di Kota Yogyakarta menggunakan teknik analisa regresi linier terhadap 123 partisipan yang terpilih berdasarkan cluster random sampling. Pengukuran dilakukan menggunakan 18 aitem skala determinasi diri (koefisien α Cronbach = 0,83) dan 30 aitem skala school well-being (koefisien α Cronbach = 0,95). Hasil analisa data menunjukkan nilai koefisien regresi (t) sebesar 2,062 dengan taraf signifikansi sebesar 0,041 (p < 0,05) yang berarti bahwa determinasi diri dapat memprediksi school well-being siswa SMP dengan sumbangan efektif sebesar 5,17%.

Copyrights © 2020