Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 5 No. 2 (2020): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA: PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA

Anwar Sadat (Unknown)
Muhammad Iqbal Harisuddin (Unknown)
Ifung Oktavian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah keefektifan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa. Selain itu, dianalisis pula tentang sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open-ended. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas VIII yang berasal dari dua kelas di MTs Negeri I Subang. Kedua kelas diberikan pretes dan postes kemampuan berfikir kreatif, dan diberi angket sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji parametrik (uji t) dan uji non-parametrik (uji Mann Whitney). Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol; (2) Sebagian besar siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan open-ended.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...