Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 12, No 2 (2020): Wahana-Bio Edisi November 2020

Komparasi Karakteristik Butir Soal Instrumen Penilaian Kognitif Mata Pelajaran IPA SMP

Dyah Febria Wardhani (SMPN 1 Paramasan)
Suratno Suratno (Universitas Lambung Mangkurat)
Aminuddin Prahatama Putra (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Karakteristik butir soal pentingĀ  diketahui agar mendapatkan umpan balik dan informasi yang berharga untukĀ  perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali butir-butir soal yang dikembangkan, sehingga pada masa-masa yang akan datang tes untuk mengukur hasil belajar yang dibuat dapat berfungsi sebagai alat ukur yang berkualitas tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan karakteristik butir soal instrumen penilaian kognitif mata pelajaran IPA SMP hasil pengembangan pada setiap sekolah, setiap jenis kurikulum, dan setiap akreditasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis karakteristik butir soal menggunakan teori tes modern. Lokasi penelitian di Sekolah menengah pertama atau Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Banjar sesuai cluster sampling. Data berupa hasil komparasi karakteristik butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa item fit memiliki kategori baik pada semua kurikulum, tingkat kesulitan tes dan daya beda memiliki kategori baik, distribusi respon jawaban memiliki kategori tidak baik, reliabilitas item memiliki kategori baik, dan kualitas tes memiliki kategori cukup baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology Other

Description

Wahana-Bio is the a scientific Journal of Biology and its learning, published by the Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. This focuses on the delivery of information on the results of ...