PEDULI: Jurnal Imiah Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 4 No 2 (2020)

MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH

Sudjiwanati, Sudjiwanati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Masa remaja adalah masa pertumbuhan fisik dan perkembangan mental emosional, yang masih membutuhkan bimbingan yang mendasar terhadap masa perkembangan kepribadiannya. Masa remaja terjadi peristiwa yang dapat membuat bahagia namun juga ada yang membuat menderita karena mendapatkan bullying dari teman dan dari lingkungan hidupnya. Rumusan masalah adalah adakah pada masa remaja yang menjadi pelaku bullying dan korban bullying. oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan perilaku bullying, sebelum terjadi kasus yang sulit diatasi. Metode penelitian kualitatif dan analisis deskriptif yang diperoleh dari temuan di lapangan secara langsung, alat ukur menggunakan tes psikologi yaitu BAUM dan DAM dan HTP dan WARTEGG, dan penyuluhan tentang materi bullying. Hasilnya terdapat beberapa siswa yang memiliki karakteristik emosi labil, perilaku, mudah tersiggung, mudah memaki, adanya perilaku kurang santun, teriak-teriak dan menggoda dengan mempermainkan barang temannya, mengejek, mengolok, mengancam, bahasa yang digunakan menyinggung harga diri teman. Bullying yang terjadi pada siswa di SMP yang menimbulkan dampak yang buruk bagi pelaku dan korban bullying, dampaknya korban bullying mengalami kecemasan, trauma dan depresi, yang perlu mendapatkan penanganan secara tepat yaitu konseling dan psikoterapi. Kata Kunci: Perilaku, Bullying, Mencegah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

peduli

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PEDULI adalah Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Wisnuwardhana Malang dengan ISSN 2597-4653 (cetak), 2597-4688 (elektronik). Jurnal PEDULI memuat artikel hasil pengabdian pada masyarakat yang terbit 2 (dua) ...