Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung
Vol 7, No 1 (2021): VoL 7 NO 1, APRIL 2021

URGENSI AKUNTABILITAS PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Revita Yanuarsari (Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Islam Nusantara)
Nani Sintiawati (Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Pemahaman yang benar tentang hakikat dan landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini hendaknya dimiliki oleh setiap orang yang secara langsung maupun tidak langsung akan berhubungan dengan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar, para pihak akan dapat memberikan layanan yang seoptimal mungkin bagi anak usia dini. Rumusan masalahnya yaitu: (1) apakah tujuan pendidikan bagi anak usia dini; (2) apakah jenis dan persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini?; (3) bagaimana supervisi pendidikan pada lembaga PAUD?; (4) bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai materi akuntabilitas pengelolaan pendidikan anak usia dini?. Kajian teori diantaranya mencakup konsep Akuntabilitas Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif melalui pendekatan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini yaitu mahasiswa mampu memahami teori konsep dan aplikasi akuntabilitas lembaga pendidikan anak usia dini.Kata kunci : Akuntabilitas Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tunas-siliwangi

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Siliwangi Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of STKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education ...