COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 3 (2021)

ANALISIS SITUASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN SENURUS: KEMUNGKINAN TERJADINYA LEARNING LOSS

Mohammad Archi Maulyda (Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram)
Muhammad Erfan (Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram)
Vivi Rachmatul Hidayati (Prodi PGSD, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situasi pembelajaran dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru SDN Senurus selama masa pandemi yang memungkinkan terjadinya learning loss. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kajian penelitian difokuskan pada proses pembelajaran selama pandemi dan tantangan belajar siswa berkesulitan belajar. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan guru-guru di SDN Senurus. Dari Aspek proses pembelajaran diperoleh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan Belajar Dari Rumah (BDR), selama pandemi guru tidak melakukan adaptasi rencana proses pembelajaran (RPP), kegiatan pembelajaran hanya berlangsung selama 30 menit efektif saat BDR dari 120 menit jam pelajaran, dan setiap kelas dijadwalkan datang ke sekolah untuk belajar tatap muka kecuali kelas 6 yang datang setiap hari, hasil belajar siswa selama pandemi mengalami penurunan, dan telah terjadi learning loss yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak mulai dari kepala sekolah, guru, orang tua, serta dinas pendidikan setempat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...