This study aims to discuss the process of implementing early literacy at the age of 5-6 years through letter arisan games. The letter arisan game is a game that can stimulate children's language development, especially in terms of recognizing letters and reading early or early literacy. In this game, the early literacy process is introduced gradually from recognizing the letters a-z, spelling out consonants and vowels, and combining two letters into a sound. This research method is descriptive qualitative. The data collection technique is done through participant observation and interviews. Data analysis used in this research is data reduction and data display. The results of this study indicate that letter arisan games can be applied to develop early literacy. The problem with this game is that it is a long and gradual process that requires patience and istiqomah in carrying it out. Several techniques must be used for this game to be lively and enjoyable. It is hoped that this research will be useful for parents and teachers in implementing fun early literacy for children.Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses implementasi literasi dini pada usia 5-6 tahun melalui permainan arisan huruf. Permainan arisan huruf merupakan permainan yang dapat merangsang perkembangan bahasa anak terutama dalam hal mengenal huruf dan membaca permulaan atau literasi dini. Dalam permainan ini, proses literasi dini dikenalkan secara bertahap dari mengenal huruf a-z, mengeja huruf konsonan dan vokal serta menggabungkan dua huruf menjadi sebuah bunyi. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan display data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan arisan huruf bisa diterapkan guna mengembangkan literasi dini. Kendala dari permainan ini adalah prosesnya yang panjang dan bertahap sehingga membutuhkan kesabaran dan istiqomahdalam melaksanakannya. Beberapa teknik harus dilakukan agar permainan ini menjadi hidup dan menyenangkan. Diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi para orangtua dan para guru dalam menerapkan literasi dini yang menyenangkan bagi anak.
Copyrights © 2021