GERAM (GERAKAN AKTIF MENULIS)
Vol. 9 No. 1 (2021): GERAM: Gerakan Aktif Menulis

Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun (Studi Kajian Morfologi) di Paud Sahira Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Suriadiman, Noprieka (Unknown)
Fenny Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Banyak anak yang masih kurang menguasai bahasa, dan masih banyak anak yang pengucapannya kurang tepat, padahal mereka sudah berusia empat tahun. Faktor lingkungan dan bimbingan orang tua menyebabkan masalah ini. Penelitian ini menjelaskan tentang akuisisi morfologi Nadira dan mengikuti PAUD Sahira Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan pemerolehan morfologi bahasa anak usia empat tahun dilihat dari bentuk kata dan turunan kata yang digunakan anak dalam percakapan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada anak usia empat tahun. Data penelitian ini berupa kata-kata yang diucapkan oleh salah satu subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah Nadira Pratami yang menempuh pendidikan di PAUD Sahira Kota Pekanbaru, Riau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik menyimak yang menarik, teknik merekam dan teknik mencatat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, penguasaan bahasa anak usia empat tahun, dilihat dari kosakata dan pengucapan kata, sudah baik. Hal ini terlihat dari banyaknya kosakata yang dikuasai subjek penelitian. Kedua, derivasi kata yaitu penggunaan afiksasi (imbuhan) pada subjek penelitian secara keseluruhan, baik saat melakukan percakapan dan kata turunan reduplikasi kata pada subjek penelitian dalam pemerolehan bahasa secara keseluruhan juga baik. Namun masih terdapat kesalahan dalam pengucapan. teknik merekam dan teknik mencatat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, penguasaan bahasa anak usia empat tahun, dilihat dari kosakata dan pengucapan kata, sudah baik. Hal ini terlihat dari banyaknya kosakata yang dikuasai subjek penelitian. Kedua, derivasi kata yaitu penggunaan afiksasi (imbuhan) pada subjek penelitian secara keseluruhan, baik saat melakukan percakapan dan kata turunan reduplikasi kata pada subjek penelitian dalam pemerolehan bahasa secara keseluruhan juga baik. Namun masih terdapat kesalahan dalam pengucapan. teknik pencatatan dan teknik mencatat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, penguasaan bahasa anak usia empat tahun, dilihat dari kosakata dan pengucapan kata, sudah baik. Hal ini terlihat dari banyaknya kosakata yang dikuasai subjek penelitian. Kedua, derivasi kata yaitu penggunaan afiksasi (imbuhan) pada subjek penelitian secara keseluruhan, baik saat melakukan percakapan dan kata turunan reduplikasi kata pada subjek penelitian dalam pemerolehan bahasa secara keseluruhan juga baik. Namun masih terdapat kesalahan dalam pengucapan. Hal ini terlihat dari banyaknya kosakata yang dikuasai subjek penelitian. Kedua, derivasi kata yaitu penggunaan afiksasi (imbuhan) pada subjek penelitian secara keseluruhan, baik saat melakukan percakapan dan kata turunan reduplikasi kata pada subjek penelitian dalam pemerolehan bahasa secara keseluruhan juga baik. Namun masih terdapat kesalahan dalam pengucapan. Hal ini terlihat dari banyaknya kosakata yang dikuasai subjek penelitian. Kedua, derivasi kata yaitu penggunaan afiksasi (imbuhan) pada subjek penelitian secara keseluruhan, baik saat melakukan percakapan dan kata turunan reduplikasi kata pada subjek penelitian dalam pemerolehan bahasa secara keseluruhan juga baik. Namun masih terdapat kesalahan dalam pengucapan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

geram

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

GERAM (Movement Active Writing) journal publishes research articles with educational, linguistic and literary headlines. The purpose of this journal is to spread the results of GERAM (Movement Active Writing) as a vehicle for the publication of scientific articles both in the form of research ...