Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 2: Juli 2021

Evaluasi pembelajaran daring melalui media WhatsApp di SD N 16 Toboali

Rizandi, Muhammad (Unknown)
Puspita, Desvi (Unknown)
Fatimah, Maysy (Unknown)
Cantika, Nora (Unknown)
Sari, Winda Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Fenomena Covid-19 yang terjadi secara global berpengaruh terhadap kehidupan aktivitas masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan. Terjadinya pergeseran proses pembelajaran dari luring menjadi daring adalah salah satu bukti dampak dari fenomena global. Positifnya Covid-19 bagi dunia pendidikan adalah sebagai akselerasi dalam pemanfaatan IPTEKS dalam kehidupan. Mengoptimalkan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satu media sosial yang dinilai berpotensi untuk memfasilitasi pembelajaran daring yang mudah diakses dan digunakan melalui WhatsApp (WA). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media WA di Sekolah Dasar N 16 Toboali. Teknik pengumpulan data penelitian deksriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru, orang tua, dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan cara mengkondensasi data, menyajikan data dan memverifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran daring menggunakan WA belum terlaksana secara efektif dan optimal; (2) persentase komunikasi antara guru dan peserta didik melalui WA adalah 53% yang menunjukkan kurang efektif; 3) Keterlaksanaan evaluasi pembelajaran tidak terlaksana secara optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...