Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 3 No. 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Desember 2020

KAJIAN LITERATUR TENTANG HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA SEKOLAH DASAR

Nova Prasela (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Dedi Ahmadi (Program Penjaskesrek, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 5 tahun terakhir (2015-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel didapatkan 4 artikel yang sesuai dengan topik judul. Dari ke 4 artikel tersebut, artikel yang membahas tentang hasil belajar kognitif dengan menerapkan 6 tingkatan terdapat 1 artikel. Artikel yang menerapkan C1 saja terdapat 1 artikel (artikel nomor 2). Artikel yang menerapkan C6 saja terdapat 1 artikel (artikel nomor 3), dan artikel yang menerapkan C4 dan C6 terdapat 1 artikel (artikel nomor 4). Artikel yang menerapkan langkah-langkah model pembelajaran langsung hanya 2 artikel, yaitu artikel nomor 1 dan 2. Artikel nomor 3 dan 4 tidak menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...