al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education
Vol 4, No 1 (2021): Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education

LIVING QUR’AN DAN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI): PERSPEKTIF TEORI THOMAS LICKONA

Muhammad Shaleh Assingkily (UIN Sumatera Utara Medan)
Mahmud Arif (State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Marhumah Marhumah (State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Khamim Zarkasih Putro (State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Kajian Living Qur’an dan hadis, selama ini didominasi oleh wilayah penelitian sosial, baik dalam lingkup komunitas tertentu maupun masyarakat luas. Aspek pendidikan formal masih jarang menyentuh kajian ini, baik dalam upaya pengembangan pendidikan maupun penanaman nilai. Padahal, “ruh” pendidikan Islam terletak pada upaya menjiwai teks nash dan mempraktikkannya sesuai konteks masyarakat melalui proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisa teori pengembangan pendidikan nilai Lickona sebagai “pisau analisa” kajian living Qur’an dan hadis, meliputi moral knowing, moral feeling dan moral acting di madrasah ibtidaiyah (MI). Dengan demikian, siswa sejak usia dasar mengetahui, menghayati dan melakukan sesuatu atas kesadaran moral. Data diperoleh melalui wawancara, diskusi tidak terstruktur dan observasi partisipan di lingkungan madrasah.Kata Kunci: Living Qur’an & Hadis; Moral Acting; Moral Feeling; Moral Knowing.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-aulad

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education is published by the Department of Primary Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung-Indonesia, published periodically twice in a year (March and September). The focus of the study is the results of research and ...