Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 6, No 2 (2023): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Muhammad Anwar Sidik (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Dwi Desmayanasari (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Noprisa Noprisa (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran open ended. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu MTs kota Bandar Lampung sebanyak 60 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran open ended dan kelas kontrol sebnyak 30 siswa memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan mengacu padaindikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian ini menunjukan secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran open ended tidak lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...